Jalankan aplikasi Microsoft Word, buat tabel sederhana yang
terdiri dari 4 kolom dan 2 baris melalui tombol Table di tab Insert. Untuk
masing-masing baris, beri nilai dari kolom satu sampai kolom tiga dan kolom
keempat biarkan kosong sebagai tempat nilai dari formula yang diterapkan. Klik
sel di kolom keempat baris pertama untuk meletakkan I-cursor (I-beam pointer).
Untuk menggunakan formula di Microsoft Word, pastikan Anda
telah berada di tab Layout (1) dan kemudian klik tombol Formula (2).
Di kotak dialog Formula yang muncul, formula default di
kotak teks Formula adalah =SUM(LEFT) (1). Untuk sementara, gunakan ini dan
kemudian klik tombol OK (2).
Sebagaimana di Microsoft Excel, formula akan selalu dimulai
dengan tanda sama dengan (=), SUM() adalah fungsi yang diterapkan dan LEFT
adalah argumen posisional. Selain dengan SUM, argumen posisional juga dapat
digunakan di fungsi MIN, MAX, COUNT, PRODUCT dan AVERAGE. Selain LEFT, argumen
posisional yang lain adalah RIGHT, ABOVE dan BELOW.
Anda dapat menggunakan fungsi SUM, MIN, MAX, COUNT, PRODUCT
dan AVERAGE dengan salah satu atau beberapa argumen posisional. Berikut ini
adalah beberapa contoh penggunaan fungsi tersebut beserta argumen posisional
dan fungsi lainnya sebagai formula yang bisa diterapkan di tabel Microsoft
Word:
=SUM(ABOVE) - menjumlah nilai yang ada di atasnya.
=SUM(LEFT,RIGHT) - menjumlah nilai yang ada di kiri dan
kanan.
=SUM(RIGHT,ABOVE) - menjumlah nilai yang ada di kanan dan
atas.
=AVERAGE(LEFT) - menghitung rata-rata nilai yang ada di
kiri.
=ABS(-74) - menghasilkan nilai absolut dari -74.
=IF(SUM(LEFT)>=70,100,0) - Mengevaluasi jumlah semua
nilai di sebelah kiri. Bila jumlah nilai >=70, maka bernilai 100, senaliknya
bernilai 0.
=MAX(LEFT) - mengembalikan nilai terbesar dari semua nilai
yang ada di sebelah kiri.
=TRUE(3>7) - Mengevaluasi apakah 3>7, mengembalikan
nilai 0 bila salah, senaliknya nilai 1 bila benar.
Acuan A1.
Sebagaimana di aplikasi Microsoft Excel, tabel di Microsoft
Word juga dapat diacu menggunakan kaidah acuan A1 (A1 reference). Kaidah acuan
A1 menggunakan huruf yang mengacu ke kolom sel dan angka yang mengacu ke baris
sel. Kolom pertama tabel adalah huruf A dan baris pertama tabel adalah angka 1.
Berikut ini adalah beberapa pemahaman dalam menggunakan acuan A1 di tabel
Microsoft Word.
A3 - adalah sel di kolom pertama baris ketiga.
A2,B2 - adalah dua sel pertama di baris kedua.
A1:B3 - adalah tiga sel pertama di kolom pertama dan kedua.
Bila Anda ingin menggunakan acuan A1 (A1
reference), formula perlu disesuaikan kembali dengan menggunakan acuan A1. Sel
bernilai 27 (1) adalah hasil dari formula =SUM(A1:B1,D1:E1), sel bernilai 1 (2)
adalah hasil dari formula =IF(SUM(A2:D2)>=20,1,0) dan sel bernilai 10 (3)
adalah tetap dengan formula =ABS(-10).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar